1.        Visi

Menjadi Rumah Sakit yang dipilih oleh masyarakat Boyolali dan sekitarnya.

2.        Misi

Untuk mendukung terwujudnya visi tersebut, RSU Asy Syifa Sambimenyelenggarakan misi :

  1. Senantiasa mengembangkan sikap, ilmu, dan keterampilan karyawan sebagai aset rumah sakit.
  2. Menyediakan sarana dan prasarana yang menunjang pelayanan berkualitas.
  3. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang komprehensif, terjangkau, dan mudah diakses.
  4. Senantiasa memberikan pelayanan yang memuaskan pelanggan.
  5. Berusaha mencapai kemapanan finansial rumah sakit untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.

Rumah sakit umum Asy Syifa Sambi dirintis pertama kali pada tahun 1983 oleh ibu bidan Hj. Mukirah, berawal dari sebuah bidan praktek swasta yang berlokasi di desa sambi, kecamatan sambi, kabupaten Boyolali. Pada saat itu pelayanan yang sudah dilaksanakan adalah pelayanan persalinan, Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), keluarga berencana (KB) dan imunisasi. Pada awalnya praktek bidan swasta tersebut memiliki fasilitas 1 (satu) ruang persalinan dengan 2 (dua) bed sampai kemudian dapat berkembang dengan memiliki ruang dengan kapasitas 6 (enam) bed.

                   Seiring dengan perjalanan waktu, dengan ijin Allah ta’ala, bidan praktek wasta tersebut dikembangkan menjadi sebuah Rumah Bersalin dengan nama Rumah Bersalin Asy Syifa’ pada tanggal 1 Maret 2004. Dengan fasilitas pelayanan meliputi persalinan bidan, persalinan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan (Obsgyn), KB, KIA, Imunisasi, Pelayanan poliklinik Obsgyn dan Anak.

                   Dengan dukungan berbagai pihak, dipikirkanlah perkembangan ke arah rumah sakit. Mengingat harus ada badan hukum yang menaungi pembentukan rumah sakit, maka pada tanggal 5 Februari 2007 didirikanlah Yayasan Kartika Husada. Semenjak didikannya, Yayasan Kartika Husada memiliki komitmen mendirikan suatu fasilitas kesehatan rumah sakit yang dapat terjangkau untuk golongan menengah ke bawah dengan fasilitas yang cepat dan prima.

                   Sampai dimulailah pembangun RSU Asy Syifa Sambi pada tahun 2007. Pembangunan dilakukan secara bertahap, disesuaikan dengan keuangan yang dimiliki oleh Yayasan Kartika Husada. Pertengahan juni 2008 dimulailah penyusunan perijinan pendirian rumah sakit. Pada awalnya pendirian rumah sakit itu direncanakan berbentuk Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA), akan tetapi mengingat berbagai pertimbangan dan masukan dari berbagai pihak akhirnya untuk mendirikan Rumah Sakit Umum.

                   Pada Januari 2009, dimulailah uji coba operasional RSU Asy Syifa Sambi Boyolali dengan berbekal ijin prinsip yang dikeluarkan surat ijin Operasional sementara dari pemerintah provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, dengan Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah Tengah No. 503/3406/2009/5.2.

                   Semenjak awal operasional, RSU Asy Syifa memiliki Pelayanan Unit Gawat Darurat (UGD) 24 jam, Pelayanan Rawat Jalan (poliklinik yang terdiri klinik umum, Obsgyn, anak, bedah dan penyakit dalam), Pelayanan Rawat Inap, Pelayanan Gigi dan Mulut, Pelayanan farmasi 24 jam, Pelayanan Laboratorium dan Radiologi (foto rontgen dan USG) Pelayanan Operasional Eletif dan Cito, Pelayanan Ambulance dan Pelayanan gizi. RSU Asy Syifa’ Sambi memiliki Tempat Tidur (TT) untuk Rawat Inap sebagi berikut :

Jumlah Tempat Tidur Pasien RSU Asy Syifa Sambi

  • Kelas Vip                    : 18
  • Kelas I                         : 24
  • Kelas II                       : 26
  • Kelas III                      : 31
  • ICU                             : 8
  • Isolasi                          : 4
  • Box Elektrik                : 5
  • Box Babby                  : 12
  • Inkubator                    : 6